Tips memperlancar ASI [sebelum dan setelah melahirkan]

tepat tadi malam, pas UK 38w5d..ASI pertamanya menetes..yeyyyy…

jd terharu sangad melihat keajaiban kebesaran Sang Pencipta..

yaaa…rada lebay mungkin.. emang

yaaa kan dulu sempat H2C bisa hamil..trus lahiran normal dan menyusui anak full 2th, [insya Allaah]..yaaa setelah kejadian ‘itu’.. [pura2 tau aja lah yg g tau.. ]

jadi..selain tanya sana sini dan akhirnya dikasi saran makan ini minum itu..mesti begini dan begitu..ada bebrapa tips yg sudah saya lukakan yg alhamdulillaah terbukti mujarab.. [dah kek jual obat..]

 

.:selama masa kehamilan dan jelang melahirkan

#1 perawatan payudara

monggo mampir di mari ni para bumil yg berbahagia..

tadinya mw copas..ternyata diprotect..jd dibagi link nya aja..

singkatnya..ada pijatan payudara yg bisa kita lakukan sendiri utk merangsang keluarnya ASI yg langkah2nya ada di link tersebut..

 

#2 konsumsi makanan bergizi

ibu yang sedang hamil dan telah melahirkan dituntut untuk memperhatikan nilai gizi demi kelancaran ASI. Menurut para ahli, produksi air susu ibu dipengaruhi oleh dua hak yakni faktor hormonal dan keseimbangan gizi. Kabar baiknya, keseimbangan hormon bisa didapatkan jika asupan gizi ibu cukup dan baik.

perbanyaklah mengkonsumsi:

Daun katuk atau yang bernama ilmiah Sauropus androgynus L.Merr. memang sudah lama dikenal sebagai makanan yang ampuh merangsang produktifitas ASI sekaligus memperbaiki kualitasnya. Penelitian klinis menyatakan bahwa di dalam daun katuk tersembunyi sejumlah senyawa penting seperti kalium, zat besi, Vitamin A-B1-C, fosfor, lemak, protein dan masih banyak lagi lainnya. Komponen ini yang membuat katuk sangat baik dikonsumsi bagi mereka yang sedang menyusui. Cara mengolah katuk cukup mudah. Anda bisa meraciknya menjadi sayur bening bersama jagung dan terong. Nikmat!

air rebusan Artocarpus Integra Merr atau daun nangka. Tapi bukan sembarang daun sebab bagian yang mengandung saponin, tannin dan flavanoida adalah pucuk atau daun muda nangka. Adapun cara mengolahnya cukup mudah. Pertama bersihkan daun nangka muda dan rebus dengan air sebanyak 2 gelas. Rebus selama 20 menit. Hasil rebusan ini dibagi ke dalam dua bagian dan diminum di pagi juga sore hari. Ramuan ini baiknya dikonsumsi selama dua bulan setelah Anda melahirkan.

Bayam Duri. Tumbuhan perdu ini juga sangat baik melancarkan ASI. Cara mengolahnya sangat mudah. Cukup ambil daun bayam duri yang mudan dan racik menjadi sayur nikmat. Cara lainnya yang banyak dilakukan oleh orang adalah dengan menghaluskan satu batang utuh bayam duri dan kemudian dibalurkan ke payudara. Hal ini bisa dilakukan menjelang melahirkan dan setelah melahirkan. Sedangkan konsumsi bayam duri sebaiknya dilakukan selama masa Anda menyusui.

Jika Anda tak mendapatkan bayam duri, jenis bayam lainnya juga cukup baik kok untuk dikonsumsi. Sebab secara umum bayam mengandung zat gizi utama yang sangat baik bagi ibu menyusui yakni asam folat juga mangan. Asam folat baik dalam membantu produksi sel darah yang baru serta merupakan komponen yang memperbaiki kualitas ASI Anda.

daun kenikir. Pilih yang tidak berbunga. Ambil satu genggam dan kemudian haluskan dengan cara ditumbuk. Selanjutnya tempelkan pada payudara Anda saat sedang menyusui sang bayi. Cara lainya yakni dengan merebus lima helai daun kenikir dengan 2 gelas air. Rebus selama 20 menit dan minum airnya. Selain kenikir, ternyata temulawak juga baik untuk melancarkan ASI. Caranya cukup mudah. Pertama ambil temulawak setengah jari kemudian ambil sarinya dengan cara diparut atau ditumbuk. Kemudian saring airnya dan campur bersama gula merah serut sebanyak 5 sendok makan dan masak bersama dua gelas air atau sesuai selera. Jika Anda juga mau, bisa menambahkan asam jawa. Masak hingga mendidih dan kemudian tunggu dingin dan minum secara rutin. Dengan cara yang sama, Anda juga bisa meracik daun pupus papaya juga asam dan gula jawa. Minum secara rutin.

bawang merah juga kunyit yang telah dikukus bisa melancarkan ASI. Carnya dengan dikonsumsi langsung sebagai lauk saat makan. Usaha Anda melancarkan ASI juga harus disokong pemenuhan gizi seimbang. Dengan demikian komponen makanan lain seperti salmon, telur, sayur-sayuran hijau perlu juga untuk ditingkatkan. Komponen karbohidrat, protein dan juga lemak digolongkan sebagai makro nutrisi yang sangat dibutuhkan. Selain itu, mikro nutrisi juga tak kalah pentingnya yang mencakup vitamin, fitonutrisi dan mineral. Semua hal tersebut bisa Anda peroleh dari nasi merah, ubi manis, kedelai, roti gandum, daging, minyak zaitun, kacang-kacangan, minyak kanola, buah-buahan dan masih banyak lagi lainnya. Dengan gizi yang baik, hormon Anda tentu bisa lebih maksimal dan akan berpengarush signifikan pada produksi juga kualitas ASI.

 

.:setelah melahirkan

Cara melancarkan ASI lainnya adalah dengan rutin menyusukan bayi secara bergantian yakni payudara kanan  dan kiri. Hal ini dilakukan secara teratur, dua atau tiga jam sekali. Selain itu, ibu diharapkan menjaga kualitas emosional sebab jika stress akan berpengaruh banyak pada ASI.

 

slamat mencoba..

sumber

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s