asyiknya taaruf via biodata

“mbk..nikah dg kak harun krn udh janjian waktu kuliah ya?’

whuahhh pengen marah2..tapi ya sudahlah..resiko nikah ma yg satu angkatan *ehh

“g kog..krn ditawari murobbiyah biodatanya beliau..”

“harus ya mbk lewat biodata?”

mmm..g harus lah ya..ada byk cara ketemu jodoh. Tentu saja setiap cara ada kelebihan dan kekurangan. Tapi asalkan semuanya berpangkal pada bahwa mencari jodoh juga berarti mencari keridhoan Allaah maka jika kita ikhlas menjalani semuanya karena Allaah maka akan menjadi lebih ringan.

Ini dia kelebihan via BIODATA:

  1. Belum saling mengenal sehingga keputusan diambil dengan lebih mudah (terutama untuk bilang tidak alias menolak) karena belum tahu satu sama lain.
  2. Kita bisa memilih mana yang menurut kita lebih cocok dan sepadan dengan kita. Bisa milih dari daerah mana, atau latar belakang bagaimana, atau profesi apa dan lain sebagainya. Tapi ingat bahwa terlalu banyak kriteria yang bukan syar’i akan mempersulit diri. Jadi harus berani dan bijak dalam mempertimbangkan.
  3. Kita bisa mengetahui gambaran besar karakter seseorang sehingga kalau nantinya jadi maka sedikit banyak kita telah tahu karakternya. Jadi lebih mudah menyesuaikan.

Ada kelebihan ada pula kelemahannya. Adapun kelemahannya bahwa dalam proses ini dituntut kejujuran masing-masing pihak (ikhwan-akhwat) dalam menuliskan karakter dan kriteria masing-masing. Meskipun nantinya juga akan ketahuan jika ada kepalsuan atau kepura-puraan. Sehingga jika ada yang tidak jujur maka akan menyakiti yang lain dan bisa pula jadi tidak percaya dengan proses semacam ini.

Setelah tahu kelebihan dan kelemahannya maka tinggal kita pilih mana yang sesuai dengan diri kita. Memang tak ada paksaan untuk mencari lewat cara apa yang penting kita tahu aturan masing-masing cara.

saya sendiri sempat dikenalin oleh teman kantor. ortu jg sempat nawari. keluarga terdekat juga. yaaa jodohnya lewat tangan murobbiyah apa boleh buat.. *loh??

 

 

Advertisements

One thought on “asyiknya taaruf via biodata

  1. Pingback: road to 04 mei 2013 | Harun-Wiwid Ba'da Zawaj Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s