900rb/bulan

“aihhh..lah ujung bulan ko. Dag pacak lagi makan ayam. “ kata bunda A waktu ketemu di warung sembako depan kompleks. “bunda hana ni enak ya. Suami istri kerja. Ujung bulan gini masih belanja banyak.”

Di lain waktu, ummi PAUD nya hana sms mo pinjem uang. Mungkin dia jg mikirnya kami ini ber-have n ber-uang mpe berani mengajukan permohonan ujung bulan gini.

“3juta aja bunda. Mo biaya melahirkan adik.”

 

Oho.. g tau mereka klo gaji tiap bulan itu g nyampe 900rb. Saving juga g punya. Klo punya udah lama si hani diaqiqah
\’

Masa??

Gimana dg keperluan dua orang bayi?

Juga gaji asisten rumah tangga n pengasuh juga PAUD hana?

Ahahah3 g kebayangkan kan kan kan.

Tuinx tuinx tuinx

Klo ibu yang tau keuangan kami, ada beberapa kali sms, “yuk, msh ado duit? Masih makan? Mau ibu transfer?”

Ahahha3 ya ya ya..itu lah ibu..kasih saying spanjang jalan.. 

Setelah dipotong kewajiban tiap bulan untuk tanah dan rumah, uang yg kami pegang tiap bulannya itu g nympe 900rb.

Begitulah.

Bener. Saya PNS golongan III dg gaji yg g sedikit itu. Suami juga pegawai tetap dg gaji yg juga lumayan.

Ituuuuu klo kita g pake uangnya buat keperluan hidup itu ini..klo g mo punya rumah sendiri dan hidup mandiri yaaa gaji sgtu mah lebih dari cukup.

Gaji saya itu udh pas mantapks buat cicilan tanah dan perabotan rumah yang emang udh saya beli sejak masih gadis dulu. Waktu taaruf suami udh tau ini. Lagi pula uang istri ya uang istri kan ohhoho3 dan aba sangad g mo ganggu gugat uang yg masuk atas kerja saya. Jadi nya yaaaa..singkatnya suka2 saya uangnya mo dipake buat apa. Insya Allah teteup utk kemaslahatan bersama kog ohoho3  

Juga ada uang yg diperuntukan donator bulanan yg menurut aba g boleh g dikeluarkan.

 

“kita mungkin g bisa sedekah tiap hari selain sholat dhuha rutin..” begitu kata aba. Jadi pengeluaran ini udh masuk level wajib.

 

Gaji suami itu 1/3 nya buat cicilan tanah, 1/3 nya buat cicilan rumah. Nah… 1/3 nya ini lah yg kami puter2 mpe kepala muter2 pas-pas-in buat keperluan selama sebulan.

Kog nyicil tanah pake 2 gaji??

Nahhh..jadi..sebelum kami ngambil KPR rumah..aba itu ada beli tanah kaplingan. Yaaa..blm rejeki kali yaaa.. yg jual tanah kurang amanah jadinya kita kebagian nambahin cicilan tapi sertifikat tanah blm juga ditangan. Udah nunggu setahunan dan kontrakan udh mo abis juga..akhirnya kami putuskan ngambil KPR. Di KPR ini juga ada tambahan tanahnya, jd nyicil tanah juga kan. Udah. Itu.

Besar pasak dari pada tiang??

mmm..boleh lah dibilang gitu. Tapi alhamdulillaah setelah menjalani gaji yg begini ini sejak 1 mei 2015 lalu, kami g punya hutang selain cicilan2 itu tadi. Bahkan teteup aja orang mikirnya kami berkecukupan mpe ada komen kek prolog tadi itu.

Kog??

 

“bismillaah aja. Allaah g mungkin biarin hambanya mati kelaparan. “ si aba mah gitu orang nya. Nyantaaaaaiii.. aba itu nyakin sangad pake bingits dengan janji Allah. Saya sih bukan g yakin..tapi tau ya kenapa..klo dulu msh ‘single figther’ itu saya yakin haqqul yaqin..udh ganti gelar gini malah sering was-was n makin lebay wkwkwkw bawaan emak emak kali yeeee.. [justifikasi] 

 

“kerja aja yang bener. Niatkan ibadah dan jihad serta syiar. Nanti yang lain2 biar Allah yang urus..”

Ehhh bener aja.

Hobby saya yang ngacak2 bahasa jepang itu akhirnya bisa diakui d sekolah ahahah3 saya ngajar b.jepang loh sodara sodaraaaaa wkwkkwkw dengan modal bahasa jepang seadanya saya memberanikan diri ngaaaajar. Alhamdulilaaaaaahhhh… pusing waktu kelas X sih msh enteng..masuk kelas XI ini mulai mules ihihihi. Tapi dg begini, honor tambahan saya jd bertambah mpe kejedut-jut looohhh alhamdu lillaah..

Saya mulai hana olshop. Awalnya dropshipper. Alhamdulillaah sekarang udh bisa ready stock kecil2an. Dan labanya cukup membantu di ujung bulan ihihihi \’

Pola makan juga kami ubah. Jadi sekarang itu kami menghentikan belanja produk hewani. Jd vegetarian wkkwkw dan ini bisa menghemat belanja mingguan mpe 75% (kek iklan wkkwkw).

G makan yg hewani? Tetap makan kog. klo aba bawa jatah makan siang yg biasanya lebih banyak dari sekolahnya yg fullday itu. Moga2 anak orkay yg sekolah itu malas makan siang semua wkwkkw ups  

 

Biaya PAUD hana?.

Klo tetiba ada yg sakit?

sabaaarrrr.. biasanya adaaaaaaaa aja bonus di luar gaji yg ‘mampir’ ke kami .. THR yg lupa saya ambil lah..rapel kenaikan gaji lah..bonus triwulan lah..honor panitia ini itu lah..Ato Hana olshop kecil2an kami kebanjiran orderan buat seragam ibu2 pengajian. Alhamdulillaah..

Juga waktu kami memutuskan mendatangkan ART skalian pengasuh hani di rumah setelah hana hani gantian sakit krn dititip di hadhonah.

“gajinya 700-900rb.an loh ba..” ragu dong. Tapi emang butuh. Saya sempat 2x pingsan krn g tidur nge-gendong n ngASI hana hani gantian waktu barengan sakit dan rewel. Suami jd merasa bersalah ahahah3 secara waktu taaruf ibu dan ayah udh ngasi tau klo saya ini g terbiasa kerja rumahan eehhh tetiba dititipi dua bayi tanpa jeda begini ckckck lumayaaaannn ihihihi walau sebenarnya pekerjaan rumah tetap lebih byk aba yg selesaikan eheh3.

“klo Allah ngizini kita punya ART, insya Allah, Allaah juga bakal nitipin gajinya  ke kita.. lagipula ini udh jadi kebutuhan utama buat sekarang ini.. kasian klo bunda ikutan sakit.ntar yg ada malah makin repot kitanya..”

 

Dan akhirnya setelah Tanya sana sini mpe buat sayembara di efbi [beuhhhhh…] kami punya ART yang Alhmdllh amanah. Hani juga betah ditinggal. Kata ibu emang udh jago momong. Masih ada hubungan kekeluargaan juga. Dirunut-runut sih jatuhnya sepupu jauh.

Dan gajinya? Mpe saya nulis ini pun kami belum tau Allah mo nitipin duit ke kami lewat apa wkwkwkkw Bantu doa ya man teman sholeh sholehah..

Ahhh..percaya aja. Allah g mungkin ngasi masalah tanpa solusi kan kan kan. Allah udh kasi bocoran klo masalah itu cukup diatasi dengan sabar dan sholat. Lalu nantikan Allaah mengerjakan bagiannya. ^_*

 

Masalah itu PASTI sepaket sama solusinya..

–ghina shafirah elbankulani-

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s