3 hal sebelum memilih jodoh, utamakan no. 3

Liat timeline FB ada yg gerutuin orang tua yg g pro nikah dini itu agak gimanaaaaa gitu..

๐Ÿ˜Ÿ๐Ÿ˜Ÿ๐Ÿ˜Ÿ

.

Saya sih bukan g setuju nikah dini, nikah waktu kuliah ya..

.

Tapi mengabaikan pendapat orang lain itu yg saya g suka..Apa lagi orang tua kita sendiri ini..

.

Maaf ngomong, baru tercerahkan setelah ikut kajian di kampus trus grasak-grusuk minta nikah cepet. Pas momen pula ada yang suka. Giliran g direstui malah gerutuin orang tua..

Laaahh.. ๐Ÿ˜Ÿ๐Ÿ˜Ÿ๐Ÿ˜Ÿ

.

Frens fillaah..

Menikah itu g seindah Ayat-ayat cinta..

Ato se wah drama Korea..

G juga sesederhana cinta bertasbih jilid dua..

Ada banyak hal yg tak pernah bisa bayangkan sebelumnya..

Bahkan org bilang, menikah itu bak gunung biru yg indah di pandangan dan memanggil untuk didaki..

Begitu didekati..

Oh Allah..

Banyak nya cobaan dan semakin berduri..

.

Eh tapi jgn jd takut nikah dini ya ni.. ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

.

.

Bagi saya, menikah itu menentukan takdir sendiri. Baik kah, buruk kah? Bahkan Allah pun bilang gitu kan. G ada yg bisa ngubah nasib selain kita.

G mau dong asal-asalan nentuin sikap. Nikah ini klo bisa cukup sekali mpe nanti di surga ngumpul lagi.. (aamiin)

.

.

๐ŸŒธ 1# Boleh kah, ibu?๐ŸŒธ

.

Di usia yg taun depan bakal kepala 3 insyaallah jika Allah berkenan… ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

Banyak sudah kisah nyata yg saya saksikan penuh drama

Betapa restu orang tua dan orang sekitar kita itu utama utama utama

.

Ketika orang tua kita – terutama ibu – menyatakan keberatan nya. Terima lah. Ikuti. Walau hati kita bilang kita benar, pilihan kita tepat, abaikan! 

Sekali lagi saya bilang : ABAIKAN! 

.

“Tapi Mbk, klo mesti nunggu dapat calon PNS, saya ketuaan lah..”

.

“Ibu mau nya orang Jawa, kan semua orang sama aja tergantung iman nya..”

.

.

Dengan alasan paling konyol bagi kita sekalipun, klo ortu bilang “Jangan”, maka tinggalkan!

.

KECUALI, mereka masih mau diajak bicara lalu terbuka hati nya, Alhamdulillah.  Tapi klo ortu udh ketok palu. Sudah. Sabarlah. Bukan kah buah sabar itu manis?

.

Banyak sudah saya saksikan mereka yg menentang ortu nya memetik buah pernikahan yang asam, kecut, bahkan mematikan. Kita g pernah tau rasa apa yg ortu kita rasa kan ketika mereka bilang “jangan”.

.

.

Lima tahun pertama pernikahan, aman. Malah keuangan jd sangat terkendali. Punya ketenangan duniawi berupa rumah megah, putra putri yang sehat dg byk prestasi, karir melesat menjadi2..

Yaaa…11 12 lah film-film India Acha Acha itu ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

.

Masuk lima tahun ketiga mulai diterpa badai. Sekali hantam, kapal langsung karam.

Lalu mengadu ke mana??

Menyesal tanpa kata. Mau meratap malu sama orang tua. Kekasih pilihan hati kini pergi sesuka hati. Cinta yg dulu diagungkan, di mana kini?

.

Restu ibu itu kunci membuka restu langit.

Maka minta lah dengan anggun tanpa ada perasaan nyelekit.

.

.

Ssssttt… ibu saya itu dulu parnoan sama Ikhwan jenggotan HANYA Gegara isu terorisme..Tp Nemu kan yg g jenggotan ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

(Mungkin jg Krn itu baba Hana langsung lulus sensor ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ )

.

.

.

๐ŸŒธ2# Setau saya.. ๐ŸŒธ

.

Saran orang terdekat juga perlu dipertimbangkan loh say..

Teman, kakak atau adik, sanak keluarga, jika mereka menyampaikan komentar nya ttg calon kita, pertimbangan kan lah. Kita g pernah tau “alarm” itu datang nya dari mana.

.

“Setau Wak, keluarga mereka itu beda dengan keluarga kita. Dalam cara berpikir juga cara dan gaya hidup nya. Apa tidak akan memberatkan dirimu nanti nya?”

.

Atau

“Si fulanah yg itu kan? Setau ana dia itu bla bla bla…”

.

.

Ini juga perlu jd bahan pertimbangan. Kalau pun tak sampai membatalkan, setidaknya kita udah siap-siap dg segala kemungkinan. 

.

.

Kasus begini saya temukan tak hanya dari mereka yg memulai langkah lewat tol (baca : pacaran) tapi juga dari proses yg legal formal (baca: ta’aruf sesuai syariat) ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

.

.

“Kiroi Ikhwan Sholeh nian, tau nyo sholat masih bolong2. Dibangunkan sholat subuh,  ngamuk.” 

๐Ÿ˜ฑ๐Ÿ˜ฑ๐Ÿ˜ฑ

.

Yg legal aja gitu, apa lagi yang lewat tol. Pasti banyak kejutan kaaannn.. Sementara selama ini kita cuma disajikan bling bling sinar kebaikan hasil pencitraan.

.

.

“Ahhhh gitu aja cukup ditangani dg sholat dan sabar..”

.

Mau komen gitu kaaannn ๐Ÿ˜Ž๐Ÿ˜Ž๐Ÿ˜Ž.

.

U know, ada teman yg dicerai begitu lahiran hanya Gegara si suami blm siap punya anak..

.

Laahhhhh.. Bilang nya cinta, punya anak ogah itu gimana bisa??? ๐Ÿค”๐Ÿค”๐Ÿค”

.

Pas nulis ini saya sesak.

Ke mana sholat tepat waktu itu? Pas tau istri hamil langsung ngabur g pulang2. Sekalinya Pulang jenguk istri lahiran sambil ngasi kado surat perceraian ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ.

.

Singkatnya, Ikhwan akhwat pun byk yg Abal2 say.. Ustadz ato ustadzah nya mungkin g tau, tapi teman nya mesti tau kaaannn..

.

.

Nah di kasus saya dan baba, saya nanya ke teman yg pernah satu divisi dg baba di LDK dulu. Trus dia bilang : klo anti nolak, kualat ntar! 

๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

.

Y udah, saya terima lanjut ta’aruf nya..

Atas nama pertemanan..Uhuk (Halah)

.

.

Nah, agar point satu dan dua itu bekerja dengan baik, kuncinya di point ke 3 ini .

๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡

.

.

๐ŸŒธ 3# “Ya Allah, tolong pilihkan ya..”๐ŸŒธ

.

Seperti tadi yg saya bilang, menikah ini menentukan takdir. Maka tanyakan pada YANG MAHA TAHU.

.

Dan ini sinyal nya bolak balik loh say. Bisa jadi ketika Allah mau bilang “jangan” itu melalui ibu kita (poin satu) ato teman kita (poin dua). Terus akan berputar seperti itu. 

.

.

Dan ini g berlaku klo kamu diberatkan melangkah karena berharap dijemput orang lain loh yaa..

Istikharah itu meminta Allah yg pilihkan..Maka biarlah Allah yg bekerja dengan cara NYA

.

.

.

“Manusia bisa salah pilih. Tapi Allah tak kan pernah salah beri..”

-banialrasyid05-

.

.

.

.

Klo misal g ada hambatan, bismillah..

Moga lancar luncur mpe hari H yaaa… ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

Jika suami marah

Bagaimana cara agar seorang suami tertambat hatinya kepada seorang istri hingga ia mampu menghormatinya ?

Dalam sebuah pertemuan wawancara Radio dengan seorang nenek yang telah menghabiskan waktu 50 tahun bersama suaminya dalam keadaan bahagia….

Nenek itu ditanya tentang tips kebahagiannya yang bertahan selama 50 tahun,
Apakah karena ia mahir menyediakan makanan ? 
Atau karena cantik ?
Atau karena banyak memberikan keturunan ? 
Atau karena yang lainnya ?

Nenek itu menjawab :

Berhasilnya kebahagiaan rumah tangga setelah adanya taufiq dari Allah, sekaligus ditentukan oleh istri itu sendiri. Seorang istri bisa membuat rumahnya menjadi syurga, dan mampu juga sebaliknyaโ€ฆ
Janganlah Anda katakan karena harta,
Banyak wanita kaya yang sengsara krn suami mereka lari darinya.
Bukan juga karena banyaknya anak-anak, di sana terdapat wanita yang mampu melahirkan 10 anak laki-laki, tetapi suaminya tidak mencintainya bahkan menceraikannya.
Banyak juga dari mereka yg mahir memasak, salah satu dari mereka memasak sepanjang hari, namun mereka mengadukan buruknya peringai suami.

Reporter inipun heran ..
Kemudian ia bertanya, lantas apa rahasianya ?

Sambil tersenyum nenek menjawab :
Ketika suamiku marah, maka Aku diam dengan penuh penghormatan serta menundukkan kepala seakan penuh penyesalan.
Janganlah Anda diam disertai pandangan merendahkan, lelaki itu pintar, dia mampu mengetahui apa maksud pandangan anda.

Lalu reporter itu bertanya, kenapa Anda tidak keluar saja dari kamar saat dia marah ?

Nenek menjawab :
Oh..Jangan sampai itu terjadi โ€ฆ 
suami akan mengira Anda lari darinya dan tidak mau mendengarnya krn sering kali laki laki itu bersifat egois,.
Tp diamlah, dan dengarkan apa yang dikatakannya sampai dia merasa puas dan tenang.
Setelah itu Aku bertanya kepadanya: sudah selesaikah…? 

Lalu Aku keluar โ€ฆ karena dia lelah dan butuh istirahat setelah berteriak.
Maka Aku keluar dari kamar kemudian melanjutkan tugas-tugas rumah..

Reporter bertanya : 
Apa yang Anda kerjakan ? 
Apakah Anda akan mendiamkannya dan tidak mengajaknya bicara selama satu minggu atau lebih ?

Lalu nenek menjawab : tidak โ€ฆ jauhi hal tersebut, itu adalah kebiasaan buruk yang bagaikan pisau bermata dua .. ketika Anda memutuskan suamimu selama satu minggu padahal ia mau berdamai denganmu, maka dia akan kembali seperti dulu. Bahkan terkadang dia akan menghilangkan kesempatan berdamai sehingga akan semakin keras.

Kemudian dia bertanya :

Lantas apa yang Engkau lakukan ?

Nenek menjawab :

Setelah selang dua jam atau lebih, Aku suguhkan segelas jus buah atau secangkir kopi, lalu sambil tersenyum aku berkata : Silakan diminum…,  karena memang dia membutuhkannya. Aku bertutur kata dengan gaya dan sikap seperti biasa.

Lalu dia bertanya kepadaku : 

Apa Engkau marah kepadaku ? 

Aku menjawab : tidak โ€ฆ
Maka diapun akan memulai meminta maaf atas ucapannya yang kasar, dan memperdengarkanku dengan bahasa yang lembut.

Reporter bertanya: 

Apakah Anda percaya ?

Nenek menjawab : tentu, karena Aku mengharuskan diriku untuk percaya dan tidak bodoh.
Apakah Anda ingin Aku membenarkan ucapannya ketika dia marah dan tidak mempercayainya ketika dia tenang ?!!

Lalu reporter bertanya : 

Kalau begitu di mana kehormatan dan wibawamu sebagai istri ? Anda kan juga punya hak dalam keluarga ?

Nenek menjawab : 

Kehormatan ada dalam keridhaan suamiku kepadaku dan keharmonisan di antara kami.
Sebenarnya tidak ada kewibawaan antara pasangan suami istri ..
Wibawa yang mana  !!…
Padahal Aku telah membuka seluruh pakaianku di hadapannya โ€ฆ

Subhanallah…

——————
Mohon โ€ฆ

Sebarkan kepada para suami dan istri

Serta orang-orang yang akan menikah.
Tahukah anda,

*Apabila seorang wanita tercipta menjadi burung, maka ia laksana burung merak yg indah.

*Apabila ia tercipta menjadi hewan, maka ia laksana kijang yg lincah.

*Apabila ia tercipta menjadi serangga, maka ia laksana kupu-kupu yg menakjubkan.

Namun karena ia tercipta menjadi manusia, maka iapun dicintai, menjadi istri atau ibu yang menggumkan, serta menjadi nikmat terbesar bagi seorang laki-laki yg baik di muka bumi.
Kalaulah wanita bukan sesuatu yang agung, maka Allah pun tidak akan menciptakan dari jenisnya bidadari sebagai pendamping orang mukmin di syurga kelakโ€ฆ.
Bukti bahwa wanita itu lemah tapi kuat namun lemah dalam kekuatannya, bahwa dgn sekuntum mawar akan membuatnya senang, dan dengan sebuah kalimat bisa membuatnya mati.
Yang mengagumkan dari wanita adalah,

Masa kecilnya..

membuka pintu syurga untuk ayahnya.

Masa dewasanya…

menyempurnakan agama suaminyaโ€ฆ

Masa keibuannya…

syurga berada pada kedua telapak kakinyaโ€ฆ

Sebuah untaian yang tinggi.๐Ÿ˜๐Ÿ˜˜

Copas statusnya ummu Ibrahim 

Cinta Gentayangan VS Cinta Sejati

Ini tulisan bukan saya yg nulis yaaa.. Copas dari teman trus diedit gaya gue (halah) 

Tp saya lupa nama nya-_-‘

Moga menjadi kan ilmunya barokah aamiin
>|<|>|<|>|<

Cinta Gentayangan VS Cinta Sejati

 

Hari Rabu kemarin saya ikut suami tugas ke Bandung. Entah kenapa saya ikut berangkat padahal biasanya saya kurang tertarik untuk ikut tugas ke luar kota.

Apakah kami mencari kuliner Bandung yang terkenal atau ke Factory Outlet? Tidak. Kami ke perumahan Darut Tauhid. Ada kajian.

Di pengajian ini saya baru dengar istilah, orang2 yg gentayangan mencari cinta hehe.

Menurut ustadzah Ummi Hanen yg lulusan Al Azhar Kairo ini, semua orang itu gentayangan mencari cinta. Waktu masih muda galau mendambakan suami idaman hati.
Tapi setelah mendapatkan pasangan yg didambakan dan berkeluarga ternyata masih gentayangan.

Kenapa ya?

Oh …ternyata suami tidak seperti yang didambakan. Misalnya jarang pulang atau … tidak bisa diandalkan. Walau sangat dicintai.

Sebaliknya, terkadang bisa diandalkan tapi tidak dicintai contohnya Datuk Maringgih ๐Ÿ˜€ 

Suatu kali ada seorang istri yang beruntung mendapatkan suami yang begitu dicintai dan bisa diandalkan. Tapi ternyata cepat dipanggil Allah SWT sehingga membuat sang belahan jiwa ini merana, hati menjadi kosong.
Mengapa cinta yang seperti ini tidak membuat hati menjadi tenang?

Karena itu bukanlah cinta sejati. Cinta sejati hanyalah cinta Allah. Allah tidak pernah meninggalkan kita.

“Tuhanmu tiada meninggalkan kamu dan tiada (pula) benciโ€ kepadamu”.
(QS Ada Dhuha:3)

Tidak akan merasa kesepian orang yg mencintaiNya. Menghamba dan mengabdi hanya kepadaNya.
Kalau ada seseorang yg merasa kesepian sesungguhnya dia lah yg meninggalkan Allah. Karena Allah tidak pernah meninggalkan kita.

Cinta Allah ini begitu romantis. Jika kita mendekat sejengkal maka Allah akan mendekat sehasta. Coba kita renungkan hadis Qudsi berikut

Dari Abu Hurairah โ€“radhiyallahu โ€˜anhu-, ia berkata bahwa Nabi shallallahu โ€˜alaihi wa sallam bersabda, โ€œAllah Taโ€™ala berfirman: Aku sesuai persangkaan hamba-Ku. Aku bersamanya ketika ia mengingat-Ku. Jika ia mengingat-Ku saat bersendirian, Aku akan mengingatnya dalam diri-Ku. Jika ia mengingat-Ku di suatu kumpulan, Aku akan mengingatnya di kumpulan yang lebih baik daripada pada itu (kumpulan malaikat). Jika ia mendekat kepada-Ku sejengkal, Aku mendekat kepadanya sehasta. Jika ia mendekat kepada-Ku sehasta, Aku mendekat kepadanya sedepa. Jika ia datang kepada-Ku dengan berjalan (biasa), maka Aku mendatanginya dengan berjalan cepat.โ€ (HR. Bukhari no. 6970 dan Muslim no. 267)

Ah. Alangkah indah Nya.

Cintailah Allah. Kita tidak akan kecewa. Sebaliknya, bersiaplah kecewa jika berharap kepada selain Allah.

Ah, saya baru tersadar. Saya jauh jauh terseret ke Darut tauhid ini agar kembali ke cinta sejati Nya. Duh , bahagianya Terima kasih ya Allah.

Lalu, apa ciri2 orang yg mencintai dan dicintai Allah?

 to be continued ya

*sesempatnya saya ya.. Jd jgn terlalu berharap dg saya yakkk ๐Ÿ˜€

Entah kpn saya sempat nya ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€

menikah atau lanjut S2

“Mbak, baiknya menikah atau kuliah?”

sering ya kita yang org baru di dunia pernikahan ditanya begituan..

mau kita jawab, “Nikah dek..” atau pun “Kuliah aja dek..” atau mungkin kita jawab “Kenapa g sekalian dua-duanya?” puuuunnn..sebenarnya yg nanya udh tau mau nya gimana..kan kan kan

tulisan ini sekedar bahan rujukan buat yg lg galau..moga bisa bantu ambil keputusan bijak y saaayyy..

index

Continue reading

Tantangan Keluarga muslim pada Era Modern (tanya jawab)

REKAP TANYA JAWAB🌷🌵

1โƒฃ Ustadz, bagaimana cara terbaik membentengi keluarga kita dari pengaruh media? Terutama anak2.

โžก Pertama kalau sudah terlanjur, batasi pemakaian hp, tv, laptop. Program 1821, jam 6 mlm sampai jam 21.00 tidak pegang gadget

2โƒฃ Ustadz ingin bertanya, Bagaimana untuk membentengi pemikiran dari berbagai persepsi yang terdapat dalam permainan politik ? Permainan politik ini kan juga bs di dapatkan melalui organisasi, media, dll.

โžก Masalah politik memang agak susah. Ane sendiri jg anggota politik tertentu. Monggo kalau masalah politik bisa panjang penjelasannya, bisa bahas lebih lanjut

3โƒฃ Asslmkm. Ustadz anak sulungku keranjingan ps sma game online. Di rumah tdk ada, dia main ke rental yg kbtulan tetangga rumah. Saya sampe pusing krn harus terus jemput klo ada les atau tpa

โžก Memang kalau sudah keranjingan agak susah, coba dikit dikit kasih pengertian. Sibukkan dg kegiatan qiro’ati atau olahraga.

image

4โƒฃ Ustdaz, bagaimana jika orang tuanya yg kecanduan nonton tv. Misalnya, harus selalu di ingatkan padahal usia sdh di atas 50 thn.

โžก Orgtua kalau ndak ada kesibukan memang pelariannya ke sana. Carikan kesibukan supaya tidak tetgantung pada tv

5โƒฃ Assalamualaikum ustadz mau tanya. Ada tiga lingkaran lingkungan yg membentuk karakter manusia/anak, diantaranya keluarga. Nah… bagaimana ya ustadz jika dalam keluarga antara suami n istri berbeda konsep dalam mendidik anak? jazakalloh ustadz

โžก wa’alaikumussalam wr wb. Wah kalau beda konsep antara suami n istri ya repot, coba dikomunikasikan dulu supaya konsep sama, kalau mentok coba anak di sekolah/yg ada asramanya atau pondok. Agar tidak terkontaminasi dengan keadaan rumah. Rumah tangga kalau sampai beda konsep, kalau ndak ada kompromi susah. Sekali lg dikompromikan beda konsepnya

Smoga dengan kemajuan tehnology di era modern ini, tidak menjadikan keluarga kita smakin tidak harmonis, justru dengan kemajuan ini kita manfaatkan utk mempercepat proses hubungan antar keluarga.

6โƒฃ Ustadz, apakah ada batasan umur seorg anak bisa diberi gadget sendiri? Atau kondisi seperti apa anak bisa punya gadget/hp sendiri? Anak sy msh 8 tahun suka merengek minta dibelikan hp. Tp saya menolak.

โžก Ndak ada batasan Bu, kondisional. Tapi untuk anak dibawah sma susah u dikondisikan

Intinya anak jangan terjebak u pakai gadget hanya utk mainan atau sekedar anak biar diam dan tidak rewel, tapi yg dimainkan game terus, karena game jenisnya banyak sekali. Jadi anak kalau bosen ngegame yg satu, akan sangat mudah utk ganti game yg lain.

Dalam keluarga hendaknya,
Seorang laki-laki shalih ia begitu perhatian pada istrinya begitu pula sebaliknya, berkata santun, memenuhi kebutuhannya, dan  mencintainya, selalu mengayomi agar istri /suami selalu dalam ketaatan kepada Allah SWT dan Rasul SAW.

Keduanya sangat perhatian akan keselamatan anak-anaknya, mentarbiyahnya dengan tarbiyah Islamiyah, memberikan makan dengan rizki yang halal.

Maka dari itu, diperlukan sinergi antara suami dan istri untuk mendidik anak anaknya utk mjd anak yg sholeh n sholehan, yg nantinya senantiasa mendoakan org tuanya dikala masih hidup sampai meninggal

🌿🌿🌿🌿🌸🌸🌿🌿🌿🌿

Republished by
ยฎ Persaudaraan Muslimah Indonesia🇮🇩
🌐 http://www.persaudaraanmuslimah.blogspot.com
🌍 Fp : Persaudaraan Muslimah Indonesia

Tantangan Keluarga muslim pada Era Modern (materi)

Tantangan Keluarga muslim pada Era Modern
KAJIAN AL QURAN ONLINE

GRUP : PERSAUDARAAN MUSLIMAH INDONESIA 02 UMMI

📆 Hari & Tanggal :  Selasa, 16 Februari 2016
👥 Narasumber : Ust Sugiyana
📌 Tema : Tantangan Keluarga muslim pada Era Modern
โฐ Waktu : 19.30 WIB – Selesai

      🌼🌱MATERI🌱🌼
Continue reading

25 PENYAKIT PENYEBAB KONFLIK DALAM RUMAH TANGGA

:: 25 PENYAKIT PENYEBAB KONFLIK DALAM RUMAH TANGGA YANG HARUS DIHINDARI ::

1. KAPALAN:Kagak Patuh Al-Qur’an (Anggota Keluarga Sering Melanggar Syari’ah).

2. KUTILAN:Kurang Tau ilmu Pernikahan (Kurang Memahami Hak dan Kewajiban Suami-Istri, Hak dan Kewajiban sebagai Orang Tua dan Anak, ilmu Pengasuhan dan Pendidikan Anak).

image

Continue reading