Ternyata MLM itu halal ini penjelasannya

Bismillah..
Saya senang dg euforia teman2 yg berniaga setelah Aksi 212 yg fenomenal itu..

Tapi yg saya sayangkan, kita seperti terhanyut dg sugesti bahwa muslim harus kaya tapi g tengok kiri kanan lagi ttg syariat nya.

.

Bolak balik saya ajak diskusi bbrp teman ttg MLM..

Dan terakhir, seorang teman nge-share Link fatwa MUI untuk mendukung pendapat nya bahwa bisnis yg ia jalankan itu halal dan sesuai Syariah.

.

.

.

Mampir lah saya ke laman ini.

👇👇👇

.

Isi nya ada 12 poin syarat yg harus dipenuhi suatu sistem bisnis penjualan langsung berjenjang atau yg lbh sering kita kenal dg istilah MLM..

.

Yuks kita kupas satu satu  😊😊😊

.

🔎Ketentuan Hukum🔎

Praktik PLBS wajib memenuhi ketentuan-ketentuan sebagai berikut:

1. Ada obyek transaksi riil yang diperjualbelikan berupa barang atau produk jasa.

👉 Clear

.

2. Barang atau produk jasa yang diperdagangkan bukan sesuatu yang diharamkan dan atau yang dipergunakan untuk sesuatu yang haram

👉 Clear

.

3. Transaksi dalam perdagangan tersebut tidak mengandung unsur gharar, maysir, riba, dharar, dzulm, maksiat

👇👇👇

⛔ Gharar

Di dalamnya terdapat bentuk ghoror (spekulasi tinggi atau untung-untungan) yang diharamkan syari’at. Karena anggota tidak mengetahui apakah ia bisa menarik anggota yang lain ataukah tidak. Pemasaran berjenjang atau sistem piramida jika berlangsung, suatu saat akan mencapai titik akhir. Anggota baru tidaklah mengetahui apakah ketika menjadi bagian dari sistem, ia berada di level tertinggi sehingga bisa mendapat untung besar atau ia berada di level terendah sehingga bisa rugi besar. Kenyataan yang ada, anggota sistem MLM kebanyakan merugi kecuali sedikit saja yang berada di level atas sehingga beruntung besar. Jadi umumnya, sistem ini mendatangkan kerugian dan inilah hakekat ghoror. Ghoror adalah ada kemungkinan rugi besar atau untung besar. Padahal Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam telah melarang dari jual beli ghoror sebagaimana disebutkan oleh Muslim dalam kitab shahihnya.

.

⛔Riba

Dalam fatwa Al Lajnah Ad Daimah no. 22935 tertanggal 14/3/1425 H menerangkan mengenai MLM yang terlarang Di dalamnya terdapat bentuk riba fadhl dan riba nasi-ah.

.

 Anggota diperintahkan membayar sejumlah uang yang jumlahnya sedikit lantas mengharapkan timbal balik lebih besar, ini berarti menukar sejumlah uang dengan uang yang berlebih. Ini jelas adalah bentuk riba yang diharamkan berdasarkan nash dan ijma’. Karena sebenarnya yang terjadi adalah tukar menukar uang. Dan bukan maksud sebenarnya adalah untuk menjadi anggota (seperti dalam syarikat)

.

.

.

.

.

.

4. Tidak ada harga/biaya yang berlebihan (excessive mark-up), sehingga merugikan konsumen karena tidak sepadan dengan kualitas/manfaat yang diperoleh;

.

.

5. Komisi yang diberikan oleh perusahaan kepada anggota baik besaran maupun bentuknya harus berdasarkan pada prestasi kerja nyata yang terkait langsung dengan volume atau nilai hasil penjualan barang atau produk jasa, dan harus menjadi *pendapatan utama* mitra usaha dalam PLBS;

.

.

.

.

6. Bonus yang diberikan oleh perusahaan kepada anggota (mitra usaha) harus jelas jumlahnya ketika dilakukan transaksi (akad) sesuai dengan target penjualan barang dan atau produk jasa yang ditetapkan oleh perusahaan

.

.

.

7.Tidak boleh ada komisi atau bonus secara pasif yang diperoleh secara reguler tanpa melakukan pembinaan dan atau penjualan barang dan atau jasa;

🤔

.

.

8. Pemberian komisi atau bonus oleh perusahaan kepada anggota (mitra usaha) tidak menimbulkan ighra’.

.

👇👇👇

⛔Ighra’ adalah daya tarik luar biasa yang menyebabkan orang lalai terhadap kewajibannya demi melakukan hal-hal atau transaksi dalam rangka mempereroleh bonus atau komisi yang dijanjikan.

.

.

9. Tidak ada eksploitasi dan ketidakadilan dalam pembagian bonus antara anggota pertama dengan anggota berikutnya;

.

.

.

.

10. Sistem perekrutan keanggotaan, bentuk penghargaan dan acara seremonial yang dilakukan tidak mengandung unsur yang bertentangan dengan aqidah, syariah dan akhlak mulia, seperti syirik, kultus, maksiat dan lain-lain;

.

Daftar cuma sekian ribu langsung dapat hadiah sekian ratus ribu itu termasuk poin riba.

.

.

11. Setiap mitra usaha yang melakukan perekrutan keanggotaan berkewajiban melakukan pembinaan dan pengawasan kepada anggota yang direkrutnya tersebut;..

.

.

12. Tidak melakukan kegiatan money game.

.

.

.

📝Kesimpulan lain-lain

🔎Seseorang yang bertujuan membeli produk saja tanpa ambil peduli dengan bonus yang dijanjikan perusahaan MLM karena ia merasa cocok dengan produknya, Maka konsumen ini sesungguhnya telah tertipu karena harga jual yang telah ditetapkan oleh perusahaan lebih dari 60% dianggarkan untuk pemberian bonus. Hal ini disepakati oleh seluruh perusahaan MLM. Maka pembeli yang hanya membeli barang saja dia telah tertipu karena harus membayar 60% dari harga barang untuk bonus orang-orang dalam jaringan, padahal ia membeli produk langsung dari tangan pertama.

Berbeda dengan harga yang sampai ke tangannya melalui sistem marketing biasa sekalipun termasuk biaya agen dan iklan, jika ia memotong jalur perantara maka dia dapat memperoleh potongan harga. Persentase lebih dari 60 untuk bonus dan kurang dari 40 untuk biaya produksi barang jelas bahwa status barang hanyalah sebagai kedok untuk melegalkan Pyramid Scheme, di mana yang diinginkan adalah uang dan bukan barang.

.

.

🔎Adapun pendapat bahwa komisi-komisi tersebut masuk dalam kategori hibah (hadiah), maka ini tidak benar. Andaikata pendapat itu diterima, maka tidak semua bentuk hibah itu boleh menurut syari’at. Sebagaimana hibah yang terkait dengan suatu pinjaman utang termasuk dalam riba. 

.

Karena itu, Abdullah bin Salam berkata kepada Abu Burdah radhiyallahu ‘anhuma,
إِنَّكَ بِأَرْضٍ الرِّبَا بِهَا فَاشٍ ، إِذَا كَانَ لَكَ عَلَى رَجُلٍ حَقٌّ فَأَهْدَى إِلَيْكَ حِمْلَ تِبْنٍ ، أَوْ حِمْلَ شَعِيرٍ أَوْ حِمْلَ قَتٍّ ، فَلاَ تَأْخُذْهُ ، فَإِنَّهُ رِبًا
“Sesungguhnya engkau berada di suatu tempat yang riba begitu merajalela. Jika engkau memiliki hak pada seseorang kemudian dia menghadiahkan kepadamu sepikul jerami, sepikul gandum atau sepikul tumbuhan, maka hadiah itu adalah riba.” (HR. Bukhari dalam kitab shahihnya). Dan hukum hibah dilihat dari sebab terwujudnya hibah tersebut. Karena itu beliau ‘alaihish shalatu wa sallam bersabda kepada pekerjanya yang datang lalu berkata, “Ini untuk kalian, dan ini dihadiahkan kepada saya.” Beliau ‘alaihish shalatu wa sallam bersabda, “Bagaimana seandainya jika engkau tetap duduk di rumah ayahmu atau ibumu, lalu engkau menunggu apakah engkau mendapatkan hadiah (uang tips) atau tidak?” (Muttafaqun ‘Alaih)

.
Komisi MLM sebenarnya hanyalah diperoleh karena bergabung dalam sistem pemasaran MLM. Apapun namanya, baik itu hadiah, hibah atau selainnya, maka hal tersebut sama sekali tidak mengubah hakikat dan hukumnya.

.

.

🔎Seseorang yang ikut bergabung dalam MLM dengan tujuan bonus. Karena, bonus yang dijanjikan untuk tahun pertama saja sangat besar dan jauh dibanding harga barang yang dipasarkan kepada kedua orang yang sekaligus merupakan downlinenya. Bahkan ada yg baru daftar udh dikasi bonus. Kerja belum udh dpt upah.
dan tujuan ini merupakan tujuan utama mayoritas orang-orang yang bergabung dalam MLM, yaitu memperoleh bonus puluhan juta rupiah. Dalam kasus ini jelas bahwa barang hanyalah sebagai kedok untuk melegalkan Pyramid Scheme yg sudah difatwakan haram.

.

.

🔎Dari penjelasan di atas , untuk MLM dikatakan halal, bisnis tersebut HARUS TDK bersinggungan dengan satu poin saja dari 12 poin yg disampaikan oleh MUI.

.

.

.

Nah, Sudah aman kah bisnis mu 😊😊😊

.

.

Moga kita bisa benar-benar hijrah aamiin..

.

🌸🌸🌸Update 22 Maret 2017🌸🌸🌸

.

💾💾💾Sumber: 

https://almanhaj.or.id/3876-mlm-bolehkah.html

http://www.dsnmui.or.id/index.php?mact=News,cntnt01,detail,0&cntnt01articleid=78&cntnt01origid=59&cntnt01detailtemplate=Fatwa&cntnt01returnid=61 

http://www.assalammadani.or.id/2016/08/perbedaan-antara-riba-gharar-dan-maysir.html?m=1

https://rumaysho.com/2490-meninjau-hukum-mlm.html&ei=pxFzSDgX&lc=id-ID&s=1&m=945&host=www.google.co.id&ts=1487995341&sig=AJsQQ1AiSl4cJyAGtDFRV787buusXy4AQg

.

Advertisements

Cinta gentayangan vs cinta sejati 2#

​NB : Ini lanjutan Postingan Cinta Gentayangan vs Cinta Sejati. Sekedar sharing ya. Mohon koreksi kalau ada kekeliruan. 

>|<|>|<|>|<

Mengejar Cinta Sejati

Siapakah manusia yg mendapatkan cinta sejati ini? 
Tentunya kita semua tahu Mariam kan? atau kalau pengikut Nasrani menyebutnya bunda Maria? 
Nah beliau inilah salah seorang yang sejak belia sudah mendapatkannya.
Tidak sempat gentayangan mencari cinta :).  

Tidak punya pasangan, tambatan hati.  Dari usia dini sudah mengabdikan diri di rumah ibadah. Sehingga kasih sayang orang tua pun tidak secara langsung dirasakan. Dari masa kehamilan, orang tuanya sudah bernazar agar anaknya kelak menjadi pelayan Allah. 

” (Ingatlah) takkala bermohon isteri Imran: YaTuhanku! Sesungguhnya aku telah bernazar (anak) yang dalam perutku ini akan diperhambakan kepada Engkau. Sebab itu terimalah daripadaku. Sesungguhnya Engkau adalah Maha Pendengar, lagi Mengetahui.

Maka tatkala telah dilahir­kannya dia, diapun berkata: Tuhanku, sesungguhnya aku telah melahirkannya perem­puan. Padahal Allah terlebih mengetahui apa yang dilahirkannya itu. Dan tidaklah laki-laki seperti perempuan. Dan aku telah menamainya Maryam, dan sesungguhnya aku memper-lindungkannya dan keturunannya kepada Engkau, daripada syaitan yang terkutuk.

Maka diterimalah (permo­honannya itu) oleh Tuhan­nya dengan penerimaan yang baik, dan Dia pertum­buhkan dia dengan pertum­buhan yang baik, dan mengasuh, akan dia Zakaria. Tiap-tiap masuk Zakaria ke tempatnya di mihrab, didapatinya ada makanan disisinya, berkata dia: Wahai Maryam! Dari mana Engkau dapat ini? Dia menjawab: dia adalah dari Allah. Karena sesungguhnya Allah memberikan rezeki kepada siapa yang Dia kehendaki dengan tidak terkira.(QS 3: 35-37)
Maria adalah satu dari sedikit makhluk Allah yg mendapatkan hidangan langsung dari Allah. Inilah kelebihan dari orang yg dicintai Allah. 
Jadi orang yg diberi rezeki cukup oleh Allah adalah orang dicintaiNya? 

Belum tentu say..
Imam Ja’far al-Shadiq as berkata,

“Jika Allah menCINTAi seorang hamba, Allah ilhamkan kepadanya ketaatan, Allah biasakan ia dengan qana’ah(menerima apa yang ada), Allah karuniakan baginya pemahaman agama, Allah menguatkannya dengan keyakinan, Allah cukupkan baginya dengan sifat al-kafaf (merasa cukup dengan rezeki yang memadai) , Allah memakaikannya dengan sifat al-‘afaf.

Sebaliknya

 jika Allah memBENCI seorang hamba maka Allah jadikan dia menCINTAi  HARTA dan Allah MUDAHkan baginya untuk memPEROLEHnya, Allah iILHAMkan kepadanya DUNIAnya, Allah serahkan dia pada HAWA NAFSUnya, maka ia mengendarai al-‘inaad (keras kepala), ia mudah berbuat fasad (kerusakan), dan menzhalimi hamba-hamba (Tuhan)” (Bihar al-Anwar 103 : 26.) 

 Jadi jangan dikira bahwa orang yang hidupnya selalu bergelimang harta, kesenangan, diberi kemudahan atas segala usahanya itu berarti dicintai Allah. Belum tentu. Bisa jadi ia dicintai Allah, jika dengan segala kelebihan yang diberikan Allah itu ia semakin dekat dengan Allah. Contohnya Nabi Sulaiman AS. 

Orang yang dicintai Allah adalah orang yang semakin hari semakin taat kepadaNya tanpa merasa bahwa ia orang suci lalu menjadi sombong. Nauzubillah.  Bahkan Allah benci kepada orang yang merasa hebat dan tidak mau bertaubat. 

Jadi bagaimana agar kita dicintai Allah? 

Menurut Ustadzah Ummi Hanen, ada beberapa cara agar kita dicintai Allah.
Kita bahas satu satu ya..

Yang pertama, orang yg dicintai Allah adalah orang yang selalu bertobat.
Tidak ada seorangpun di dunia ini yang tidak mempunyai kekurangan atau kesalahan. Rasulullah SAW junjungan kita saja bertobat sampai 70 kali sehari. 

Tentu saja bertobat tidak hanya sekedar di mulut saja. 

Saya pernah ikut training PPA Pola Pertolongan Allah. Di training inilah saya dihentakkan dengan satu kalimat “Kita sering berbicara tentang Allah namun betapa  jarang kita berbicara dengan Nya”.

Hmmm… benar juga ya..

Doa atau dzikir saya seringkali  hanya diucapkan di mulut saja tidak pakai hati.

Kebayang nggak, ada orang minta maaf ke kita lalu ngomong nya begini “maaf, maaf. maaf.maaf.maaf maaf …. “terus sampai 100 kali. Rasanya pengen ditempeleng aja. “Huss diam. ngomong apa sih.” 😂

Kalau mau minta maaf kepada seseorang seharusnya kita datangi baik2,  bicara yg sopan lalu minta maaf dengan hati dan penuh perasaan. “Maaf ya say … aku ngga akan ulang lagi kesalahan ini. Suer ..janji deh…” terus senyum senyum sambil kedipin mata

Eahhhh..

pokoknya merayu lah. 😉

Nah. Kita ke Allah juga begitu. Doa juga jangan teriak 2, apalagi kalau meng “amin” kan doa sambil teriak teriak. Amin 2 x , Seolah berteriak “udahan doanya kepanjangan.’ Hadeuh. 

Allah itu dekat. Bahkan lebih dekat dari urat leher kita. Bagaimana sih bicara dengan yg ada di dekat kita. Berbisik aja. Jangan di dalam hati juga. Bersuara pelan yang mesra begitu lho. 

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (2:186)

Allah mencintai orang yg bertobat. Banyak sekali kelebihan yang diberikan Allah kepada orang yg sering mengucapkan istighfar. 

Hadis riwayat Abdullah bin Masud ra.:
Ia berkata: Aku pernah mendengar Rasulullah saw. bersabda: Sungguh Allah akan lebih senang menerima tobat hamba-Nya yang beriman daripada seseorang yang berada di tanah tandus yang berbahaya bersama hewan tunggangan yang membawa bekal makanan dan minumannya. Lalu dia tidur kemudian ketika bangun didapati hewan tunggangannya tersebut telah menghilang. Dia pun segera mencarinya sampai merasa dahaga kemudian dia berkata dalam hatinya: Sebaiknya saya kembali ke tempat semula dan tidur di sana sampai saya mati. Lalu dia tidur dengan menyandarkan kepalanya di atas lengan sampai mati. Tetapi ketika ia terbangun didapatinya hewan tunggangannya telah berada di sisinya bersama bekal makanan dan minuman. Allah lebih senang dengan tobat seorang hamba mukmin, daripada orang semacam ini yang menemukan kembali hewan tunggangan dan bekalnya. (Shahih Muslim No.4929)

Masya Allah ya.. Begitulah cinta Allah kepada hambaNya yang bertobat. 

Apalagi yg bisa mendatangkan cinta Allah?
lihat catatan dulu ya..

Nyambung lg 😉

Alhamdulillah udh nemu yg kasi tulisan 😀

Tasqif bersama ust. Tifatul sembiring, 31 okt 2016

Tak byk tetesan ilmu yg bisa saya tampung dari ust. Tifatul sembiring senin malam, 31 okt lalu

Stidaknya kurleb bgini ini..

>|<>|<>|<

Ketika Amirul Mukminin bertanya apakah ada yang dikeluhkan oleh masyarakat Homs (ragu ‘khom’ atau homs) tentang Gubernurnya, pegawai itu mengatakan bahwa mereka mengeluhkan empat masalah; 

1. dia tidak pernah keluar sebelum waktu dhuha

2. dia tidak pernah menerima siapapun pada malam hari

3. dalam seminggu dia pasti menghilang sehari

4. Dia pingsan jika diajak diskusi (mungkin ttg umat, sayang kurang jelas krn nichan ngamuk kegerahan)


Amirul Mukminin Umar bin Khattab memanggil Gubernur Homs untuk menghadapnya, untuk mengetahui sebab keluhan masyarakat.
“Benar, Amirul Mukminin. Sebenarnya aku tidak enak mau mengatakannya. 

1. Aku tidak keluar sebelum dhuha karena aku harus beres-beres di rumah, aku tidak punya pembantu, dan istriku sedang sakit.

2. Aku tidak menerima siapapun pada malam hari karena seharian aku melayani masyarakat, sedangkan malam kugunakan untuk beribadah. 

3. Ya, seminggu sekali aku menghilang, karena aku harus mencuci pakaianku dan menunggunya sampai kering, karena aku tidak punya pakaian lain

4. Aku teringat kisah sahabat ku khubaib bin adi yg tewas saat perang dan aku tidak mampu berbuat apa2 utk membantunya

Byk ibroh yg bisa diambil..

“Tp zuhud zaman sekarang g sgtu nya jg kali yaaa..” canda ustadz nya 😀

Lalu..ust. tifatul mengingatkan kita atas apa yg sudah kita lakukan utk saudara kita di palestina, suriah, dan tempat2 lain di mana muslim teraniaya.

Jika menonton atau sekedar membaca berita saudara kita yg teraniaya saja kita enggan, ada kah benar kita muslim??

Kita tak akan tersentuh hati jika tak ada lg iman bersemayam dlm diri

Ada beberapa pesan lg sebenarnya..tp kami harus pulang lbh awal krn krucils g bisa lg diajak kompromi..

###

Yaaaa..wlw blm punya rejeki ikut aksi #4nov nanti, menang niat aj udh dicatat pahala insyaallah

menikah atau lanjut S2

“Mbak, baiknya menikah atau kuliah?”

sering ya kita yang org baru di dunia pernikahan ditanya begituan..

mau kita jawab, “Nikah dek..” atau pun “Kuliah aja dek..” atau mungkin kita jawab “Kenapa g sekalian dua-duanya?” puuuunnn..sebenarnya yg nanya udh tau mau nya gimana..kan kan kan

tulisan ini sekedar bahan rujukan buat yg lg galau..moga bisa bantu ambil keputusan bijak y saaayyy..

index

Continue reading

Wanita yng ragu-ragu puasa atau tidak karena keluar flek-flek, semoga ini bisa jadi informasi

# Flek Darah pada Wanita (Syariat dan Medis)

Flek adalah bercak-bercak kecoklatan (setetes- dua tetes) yang biasa muncul sebelum atau sesudah haid. Bisa juga flek berwarna kuning atau kuning jernih. Secara medis flek muncul normal, umumnya pada awal atau akhir haid atau muncul ketika hamil. Flek juga bisa muncul karena faktor stres dan kelelahan atau penyebab lain yang menyebabkan gangguan hormon

Demikain juga penjelasan ulama bahwa flek itu bisa keluar sebelum dan sesudah haid, syaikh Al-Ustaimin rahimahullah menjelaskan,

الصُّفرة والكُدرة سائلان يخرجان من المرأة، أحياناً قبل الحيض، وأحياناً بعد الحيض.

“Flek adalah semacam (tetes) cairan  yang keluar dari (kemaluan) wanita, terkadang sebelum haid dan terkadang sesudah haid.”[1]

Continue reading

HUKUM KREDIT RUMAH MELALUI KPR